MengeNal KolesterOl

Mau nulis tentang kolesterol,,permisi :)
Ketika seseorang mendekati usia 40-50an, kenapa ya topik kolesterol selalu menjadi inti pembicaraan mereka??
Kemarin abah mengeluh pusing, ternyata belakangan ketauan makan alpukat terlalu banyak, atau diam-diam ikut pesta durian di sekitar rumah. Huh, sering bikin esmosi tinggi nih, Abah gak bisa dibilangin kalo makan ini itu harus dengan porsi yang selayaknya, gak boleh berlebihan kalau gak mau bermasalah dengan kolesterolnya :(

Kapan hari bulekku check up ke dokter karena mengeluh pusing lagi, ternyata kebanyakan makanan yang berlemak.
Sejahat apa sih kolesterol itu???

Dari penelusuranku...(hiyaaa :p)
Menurut buku Kesehatan Keluarga, yang kebetulan tertengger di lemari bukuku:p, kolesterol adalah suatu bahan berlemak yang terjadi secara alamiah di tubuh manusia yang diperlukan beberapa jenis hormon yang penting. Tapi kalau kadar kolesterol dalam darah meningkat, kolesterol ini akan menumpuk di dinding arteri. Dan lama kelamaan akan menghambat aliran darah dalam arteri sehingga menyebabkan serangan jantung dan pendarahan otak. *ngerinya...*

Nah, sebenarnya kesehatan kita itu tercermin dari apa yang kita makan. Sebenarnya kadar kolesterol itu sendiri bisa dipenuhi secara normal oleh produksi dalam tubuh sendiri, tapi bisa meningkat tergantung pada apa yang kita makan.
Sumber utama kolesterol dari yang kita makan, biasanya adalah lemak binatang dan telur.

Ada dua jenis kolestorol. Yang pertama, disebut LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang dikenal dengan sebutan "kolesterol jahat". Kenapa begitu? Karena LDL mengandung lebih banyak lemak dan dianggap merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap penumpukan kolesterol di dinding arteri. Yang kedua, disebut HDL (High Density Lipoprotein) atau dikenal dengan "kolesterol baik". Kenapa? Karena HDL dianggap sebagai pembersih kolesterol dari dinding arteri dan membawa kembali ke hati dimana kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan.

Yang berikut ini, adalah saran-saran yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL:
Makan makanan yang seimbang. Dengan cara mengurangi makanan lemak binatang dan menggantinya dengan minyak sayur sebanyak mungkin, mengurangi sebanyak-banyaknya lemak daging, mengurangi makanan yang digorang dan menggantinya dengan makanan yang dipanggang atau direbus, dan kurangi makan telur berlebihan.
Berhenti merokok! Nah lo, emang apa untungnya sih merokok???
Menjaga berat badan. Sesuaikan berat badan dengan umur dan tinggi badan.
Olahraga secara rutin. *hihi, olahraga yang nulis cuma nyuci+nyapu*

Kalau sudah terlanjur, secara rutin harus minum obat dan periksa ke dokter untuk terus memastikan bahwa penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol ini dapat terkendali dengan baik.

Demikian penjelasan dari saya :p
*widihhh, panjangnya dan seriusnya tulisan saya kali ini :p*