Anak Laki-laKi dan eS kRim

Nah, kalo yang ini barusan baca di catatan seorang teman di fesbuk, sebuah cerita yang terangkum dalam sebuah lukisan karya Norman Rockwell:

Di siang yang sangat terik, seorang anak laki-laki sedang duduk di dalam restoran. Dia ingin memesan es krim Sundae. Diperiksanya jumlah uang yang dia miliki. Ada lima keping uang senilai 25 sen.
Dipanggilnya seorang pelayan dan dia bertanya harga es krim dengan saus cokelat. "Satu dolar 25 sen", jawab si pelayan.
Anak itu mengernyitkan kening sejenak. Kemudian bertanya lagi. "Kalau es krim saja tanpa saus cokelat berapa?"
"Satu dolar", jawab pelayan tidak sabar. Anak itu berpikir lagi dan kemudian berkata. "Kalau begitu, es krimnya saja".
Tak lama, pelayan mengantarkan es krim ke anak laki-laki itu dan kembali sibuk melayani tamu-tamu yang lain. Setelah selesai makan es krimnya, anak itu menuju kasir. Diberikannya 4 keping 25 sen kepada pelayan dan tak lupa berterima kasih.
Menjelang restoran tutup, pelayan tersebut membersihkan meja tempat anak laki-laki tadi duduk. Di samping gelas es krim yang kosong ditemukan 25 sen untuk tip. Pelayan itu langsung menyadari, sebetulnya uang anak itu cukup untuk membeli es krim bersaus cokelat, tetapi dia memang berniat memberi tip untuknya.

Anak laki-laki itu menyadari bahwa dia tidak boleh menghabiskan uangnya untuk kepentingan diri sendiri. Dia lebih menuruti apa kata hati nuraninya daripada emosinya sendiri.

Hmm, perbuatan-perbuatan sederhana yang merupakan kebaikan dan kemurahan hati adalah contoh besarnya upaya untuk mementingkan orang lain dan mengesampingkan rasa egois kita yang kadang-kadang adalah emosi sesaat.
Sebenarnya, hal-hal seperti inilah yang akan membentuk reputasi kita, apakah itu baik atau buruk.
Karena reputasi adalah cerminan siapa diri kita dan bagaimana tingkah laku kita ketika tidak ada orang yang memperhatikan.

Nah, reputasi seperti apa yang kita miliki untuk dikenang suatu saat nanti?^^

TodaY's Inspiration: LanCe AmstRong


Yup, Lance Amstrong yang pembalap sepeda itu. Betul sekali :)

Habis baca kisah hidupnya di sebuah buku. Dan sayang sekali kalau gak dibagi di sini :)

Seorang Lance Amstrong, orang pertama dan satu-satunya yang bisa meraih gelar juara Tour de France selama 6 kali berturut-turut.

Lance Amstrong sudah mulai berlatih bersama tim olahraga bersepeda nasional yunior sebelum ia tamat SMU. Dia berhasil memenangkan kejuaraan amatir Amerika. Kemudian ia memutuskan untuk menekuni karier bersepeda secara profesional. Di tahun 1993, ia termasuk anggota tim olahraga bersepeda Amerika. Saat itu, ia menempati posisi kelima terbaik di dunia. Dia sudah diprediksi akan memenangkan Tour de France di tahun 1996.

Banyak yang berharap hal itu benar-benar terwujud di tahun 1996. Tapi tiba-tiba Lance Amstrong bermasalah dengan matanya. Pandangannya kabur dan dia mengalami batuk berdarah. Hasil tes kesehatan menunjukkan bahwa ia mengidap kanker. Kanker yang sudah menyebar ke seluruh tubuhnya.

Di tahun 1996, Lance Amstrong menjalani operasi otak dan kemoterapi intensif di Rumah Sakit Indiana University. Setahun penuh ia dan para dokter mengerahkan segala kemampuan untuk kesembuhannya. Masa itu adalah masa penuh penderitaan, kesakitan, serta ketidakpastian. Suatu keajaiban, dalam setahun dia sembuh dari sakitnya dan dinyatakan bebas dari kanker.

Lance Amstrong membuat keputusan untuk mengikuti Tour de France di tahun 1999. Keputusan yang hampir mustahil kata banyak orang. Untuk lomba seberat itu diperlukan latihan fisik yang sangat berat, apalagi harus melatih tubuh yang pernah terserang kanker yang sudah stadium tinggi. Di luar dugaan, dia memenangkannya. Bahkan dia memenangkan Tour de France selama lima tahun berikutnya.

Lance Amstrong mengatakan bahwa dia tidak mungkin memenangkan Tour de France seandainya dia tidak terserang kanker. Dia adalah bukti kekuatan semangat manusia yang dapat menepis apa yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai hal yang mustahil. Penyakit kanker ternyata bisa menjadi awal kejayaan hidup seorang Lance Amstrong. Karena dia bertekad untuk melawan penyakitnya dengan visi, fokus, dan keputusan baru. Dia tidak membuang waktu dengan menyesali keadaan dan mengasihani diri sendiri. Dia juga tidak menyia-nyiakan waktu untuk dengki terhadap pembalap lain yang sehat. Dia memilih menerima tantangan di hadapannya dan mengubah hal-hal negatif menjadi positif.

Inspirasi pertama: Kita tidak boleh menyerah pada keadaan.
Inspirasi kedua: Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah (yee, jadi lagu??). Maksudnya, akan selalu ada hikmah di balik setiap cobaan. Jadi, disyukuri ajah :)
Inspirasi ketiga: Keliatannya sih, rumput tetangga selalu keliatan lebih hijau. Ya nggak? Yup, jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain dan jangan biarkan rasa dengki menguasai diri kita.
Sebenarnya, di setiap kehidupan pasti ada rintangan, di setiap kesempatan pasti ada tantangan. Tidak mungkin ada orang yang bebas dari masalah kehidupan. So, tetap syukuri apa yang kita miliki saat ini.

Happy Mom's Day

M ... is for the million things she gave me,
O ... means only that she's growing old,
T ... is for the tears she shed to save me,
H ... is for her heart of purest gold;
E ... is for her eyes, with love-light shining,
R ... means right, and right she'll always be.

Put them all together, they spell "MOTHER". A word that means the world to me.
--Howard Johnson (c.1915)

MusiBah :(

Musibah memang tidak pernah kita rencanakan, bahkan kita selalu tidak siap untuk menerimanya.

Kemarin, mungkin bukan hari yang diharapkan akan seperti ini oleh keluarga besarku.
Rabu pagi, bulekku dapat berita mengagetkan karena tiba2 4 orang anak SMA mendatangi rumahnya dan bilang anak perempuannya kecelakaan. Belum setengah jam yang lalu berangkat sekolah dan sekarang tiba2 dapat berita ini.
Dalam keadaan setengah panik, kami buru-buru ke rumah sakit. Dia sudah masuk di UGD dan katanya dapat beberapa jahitan di pelipis kanannya. Ow, aku berhenti di depan pintu UGD dan balik duduk di ruang tunggu. Aku takut liat darah, dan gak mau pingsan di sana :)
Eh tiba2 malah disodorin jilbab adekku yg sudah penuh dengan darah.

Suasana mulai tenang. Adekku sudah masuk kamar inap, dan satu per satu saudara mulai berdatangan buat menjenguk.

Eh, malamnya datang berita mengejutkan lagi. Dua orang sepupuku yang lain pulang dari latihan basket nabrak motor lain di perempatan. Oh God, sudah malam dan berita datang bak petir di siang bolong!!

Tadi pagi baru aku tau keadaannya. Adeknya yg cowok bahunya geser dan harus pake gendongan buwat mengembalikan posisinya. Kakaknya yang cewek dapet jahitan dikit di dagunya dan operasi kecil di pergelangan tangan kirinya.

Jadi, seisi rumah sakit kok ya isinya keluarga sendiri. Sedih liatnya, seakan cobaan gak pernah lepas dari hidup kami sepanjang taun ini. Semoga ini yang terakhir...

Aku selalu percaya ada akibat pasti ada sebab. Mungkin Allah ingin memberi teguran kepada kami yang akhir-akhir sering melupakan-Nya, atau mungkin kami terlalu sombong, tidak mau bersyukur. Tapi sejujurnya Allah masih menyayangi kami dengan teguran-Nya.

Ayo adek-adekku tetap optimis! Bentar lagi ujian, jadi jangan pernah menyerah! Akan selalu ada hikmah di balik semua cobaan :)